Twitter
Facebook

4 Kota di Indonesia yang Asyik Dinikmati dengan Bersepeda


Solo City Walk yang rindang

Meskipun Indonesia beriklim tropis, beberapa kotanya berhawa sejuk. Berkeliling dengan sepeda menjadi salah satu cara yang asyik untuk menikmati beberapa kota di Indonesia, seperti 4 kota berikut ini.

Ada banyak cara untuk menikmati kota di Indonesia, bisa dengan berkendaraan pribadi, menaiki delman atau pun bersepeda. Disusun detikTravel, Senin (16/4/2012), berikut adalah 4 kota yang asyik dinikmati dengan bersepeda:

1. Magelang

Kota pertama yang seru untuk dinikmati dengan bersepeda adalah Magelang di Jawa Tengah. Udaranya yang sejuk menjadi pertimbangan utama mengapa bersepeda asyik dilakukan di tempat ini.

Ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi dengan sepeda saat berada di Magelang, salah satunya adalah alun-alun. Letaknya strategis di tengah kota memudahkan Anda untuk datang ke tempat ini. Dari alun-alun, wisatawan bisa melanjutkan sepeda ria menuju Pecinan. Kawasan ini merupakan salah satu kawasan pusat perdagangan di Kota Magelang. Alun-alun ini juga dikelilingi oleh pusat perbelanjaan di sisi timur dan utara. Bila mengayuh sepeda sedikit ke arah barat, Anda bisa menemukan masjid terbesar di Magelang.


2. Solo

Nah, ini dia tempat kedua yang asyik untuk dikunjungi dengan bersepeda, Solo atau Surakarta di Jawa Tengah. Ada banyak tempat menarik di Solo yang bisa Anda sambangi menggunakan sepeda. Salah satunya adalah Solo City Walk yang sekarang menjadi tempat favorit di Jl Slamet Riyadi, Solo.

Solo City Walk adalah sebuah jalan umum sepanjang 7 km yang bisa dilalui para pejalan kaki dan juga pesepeda. Jika Anda bersepeda di kawasan ini, pepohonan rindang siap menemani kemana saja Anda mengayuhkan sepeda. Lebih asyiknya lagi, beberapa pedagang makanan dan minuman khas Jawa bisa Anda temui di sini, seperti sego kucing dan tahu goreng. Tidak hanya itu, sambil mengayuh sepeda, Anda bisa mengunjungi kampung batik, Ngarsopuro Mangkunegaran, museum batik dan tentunya toko batik. Asyik kan?

3. Yogyakarta

Yogyakarta, hampir semua setuju cara paling asyik untuk menikmati Kota Gudeg ini adalah dengan bersepeda. Lingkungannya yang kental dengan kebudayaan Jawa, masyarakatnya yang ramah dan jajanan pasarnya yang asyik memang mengundang siapa saja untuk datang ke kota ini. Di sana, mayoritas penduduknya memang bersepeda, bahkan salah satu alat transportasi andalannya adalah becak.

Jadi, saat berlibur ke tempat ini cobalah untuk menikmatinya dengan bersepeda. Waktu paling asyik untuk bersepeda di Yogya adalah subuh dan malam hari. Pada saat itu, udara di Yogya masih sejuk dan belum terlalu panas. Anda pun bisa bersepeda dengan santainya. Di pagi hari, bersepeda ke depan Pasar Beringharjo tak boleh dilewatkan. Di sana ada banyak jajanan pasar dan sarapan pagi khas Yogya. Pada malam hari, Anda bisa berkeliling Yogya dengan sepeda di sekitar alun-alun atau untuk menjangkau tempat lain di Yogya.



Keraton Yogyakarta (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)


4. Bukittinggi

Kota di Sumatera Barat ini berada di atas bukit yang cukup tinggi. Tak heran bila udara di kota ini cukup sejuk dan cenderung dingin pada malam hari. Ada banyak cara asyik untuk menikmati Bukittinggi, salah satu yang boleh dicoba adalah dengan bersepeda. Anda bisa memulai perjalanan dari pelataran Jam Gadang. Dari pelataran, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri jalan yang berada di samping kanan kiri pelataran.

Selain udara sejuk Bukittinggi, yang membuat menarik tempat ini adalah pemandangan bukit barisan yang menemani sepanjang jalan. Selain itu, jejeran toko yang ada di kanan kiri jalan menambah daya tariknya tersendiri. Lelah bersepeda, beristirahatlah sebentar sambil menikmati lezatnya sate padang dan segarnya es tebak, es campur khas Sumbar.

sumber :http://travel.detik.com/read/2012/04/16/151712/1893524/1025/4-kota-di-indonesia-yang-asyik-dinikmati-dengan-bersepeda?991104topnews









Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
KOTAK KOMENTAR


nb : jika kotak komentar tidak muncul, refresh aja gan (tekan F5)



Baca Juga Artikel Menarik Lainnya




Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

CopyRight 2011 - Indonesia-Ku.com

73 queries. 0.271 seconds.