Twitter
Facebook

Elvi Sukaesih Masuk Museum Rekor Indonesia (Muri).

Elvi Sukaesih

Elvi Sukaesih

Salah seorang diva dangdut Indonesia, Elvi Sukaesih, menerima penghargaan. Dia dinobatkan sebagai Empu Penyanyi Dangdut oleh Museum Rekor Indonesia (Muri) di gedung Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Kamis malam (11/9).



Penghargaan diserahkan Ketua Muri Jaya Suprana. Perempuan kelahiran Jakarta, 25 Juni 1951, itu dianggap berjasa terhadap perkembangan musik dangdut Indonesia.

Penyanyi dengan nama asli Sukaesih tersebut mulai mengenal pentas dan menyanyi pada usia sembilan tahun. Tiga tahun kemudian, setelah dinyatakan layak, Elvi rekaman lagu Curahan Hati. Sejak saat itu dia masuk belantika musik dangdut profesional.

Karir perempuan yang kali pertama menikah pada usia 14 tahun tersebut semakin melejit setelah duet dengan Rhoma Irama sekitar 1968 sampai pertengahan 1970-an. Sampai sekarang keduanya masih menyandang predikat Raja Dangdut dan Ratu Dangdut.

Seperti halnya Rhoma, Elvi pun tidak sekadar menyanyi. Pemilik suara khas itu sukses berakting lewat beberapa judul film. Misalnya, dalam film Warkop DKI, Mana Tahan. Total, dia membintangi belasan judul film.

Elvi menyatakan bangga dengan apa yang sudah diperjuangkannya selama ini. Meski begitu, kata nenek yang sudah memiliki beberapa cucu itu, saat ini perjuangan untuk kembali mengangkat musik dangdut teramat berat.

“Saya terkadang berjuang sendiri di musik dangdut. Terlalu capai bagi saya. Apalagi, banyak penyanyi dangdut yang dikenal bukan karena karyanya, melainkan karena gosip-gosipnya,” keluhnya.

Itu menjadi salah satu alasan Elvi tidak mau kembali merilis album di masa sekarang. Belum lagi faktor pembajakan yang menurut dia semakin merajalela. “Sudah capai-capai buat album malah dibajak. Malah buang-buang uang saja kan,” ujarnya. Tapi, Elvi menegaskan, dirinya tetap yakin suatu saat nanti musik dangdut akan kembali menuai masa jaya. Bagi dia, berkesenian itu harus dimulai dari dalam hati.

“Menyanyi itu harus dimulai dari hati, harus hobi. Bukan sekadar mencari materi,” kata Elvi yang sudah enam tahun belakangan ini menyandang status janda.




Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

CopyRight 2011 - Indonesia-Ku.com

73 queries. 0.299 seconds.